Beranda | Artikel
Bab Al-Hajr - Bagian ke-1 - Kitab Matan Abu Syuja (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)
Jumat, 22 Mei 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Erwandi Tarmizi

Kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Ringkasan Kajian Kitab Matan Abu Syuja’

Kitabul Buyu’ (كتاب البيوع) Bab Al-Hajr (Bagian ke-1)

Pada kajian kali ini akan dibahas mengenai permasalah Bab Al-Hajr. Al-Hajr artinya adalah menahan hak beberapa orang tertentu agar tidak melakukan akad jual beli terhadap hartanya atau harta orang lain. Penulis kitab ini, yaitu Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah berkata:

والحَجْرُ على ستة:
الصبي، والمجنون، والسَّفِيه (المُبَذِّر لماله)، والمُفْلِس الذي ارتَكَبَتْه الديون، والمريض المَخُوفُ عليه فيما زاد على الثُّلُث، والعبد الذي لم يُؤْذَن له في التجارة.
وتَصَرُّف الصبي والمجنون والسفيه غير صحيح.
وتصرف المُفْلِس يصح في ذمته دون أعيان مالِه.
وتصرف المريض فيما زاد على الثلث موقوف على إجازة الورثة من بعده.
وتصرف العبد يكون في ذمته يُتْبَعُ به بعد عِتْقِه.

Ada enam orang yang ditahan untuk melakukan akad terhadap hartanya dan harta orang lain. Yaitu anak kecil, orang gila, orang bodoh yang memubadzirkan uangnya, orang yang bangkrut yang memiliki banyak hutang, orang sakit (yang mengkhawatirkan) dalam hal berwasiat menyedekahkan lebih dari sepertiga hartanya, dan budak yang tidak diijinkan berdagang oleh tuannya.

Simak selengkapnya pembahasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan Al-Hajr ini bersama Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Matan Abu Syuja’ (Kitabul Buyu’) – Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi: Bab Al-Hajr (Bagian ke-1)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/13892-bab-al-hajr-bagian-ke-1-kitab-matan-abu-syuja-ustadz-dr-erwandi-tarmizi-ma/